Cara membuat Kacer bahan/bakalan muda hutan (MH) langsung bunyi

Kacer adalah salah satu burung kicauan yang saat ini banyak dipelihara oleh para Kicau Mania, apalagi untuk sekarang ini dimana harga Kacer sedang anjlok, terutama untuk Kacer bahan/bakalan sehingga banyak Kicau Mania yang memeliharanya karena harganya yang sangat terjangkau saat ini.

Jika kita memelihara Kacer bahan/bakalan, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar Kacer tersebut mau bunyi, apalagi sampai menjadi gacor paling tidak membutuhkan waktu minimal satu tahun. Karena agar rajin bunyi tentunya Kacer harus mapan dulu secara mental dan tidak takut orang lagi.

Proses penjinakan inilah yang memerlukan waktu cukup lama karena Kacer bahan tangkapan hutan pasti akan mengalami stres pada masa-masa awal dipelihara.

Hal itu disebabkan karena perubahan lingkungan yang sangat drastis dari suasana hutan yang tenang berganti ke suasana perkotaan yang ramai dengan hiruk-pikuk aktivitas Manusia, dan ditambah dengan suasana kandang harian yang sempit akan membuat Kacer menjadi semakin stres.

Kacer yang terbiasa beraktivitas secara bebas di dalam hutan, bisa terbang bebas kesana kemari untuk mencari makan, kemudian dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan suasana kandang yang sempit serta jauh berbeda dengan suasana dihabitat aslinya, maka yang terjadi Kacer pasti mengalami stres berat pada masa-masa awal dipelihara. Jadi, jangankan untuk bunyi, bisa bertahan hidup saja sudah bagus.

Tapi jika kita ingin agar Kacer bahan/bakalan muda hutan (MH) bisa langsung buka suara, ada cara yang bisa dilakukan walaupun Kacer tersebut masih sangat giras dan takut dengan keberadaan Manusia disekitarnya.

Caranya yaitu dengan memasukkan Kacer bahan/bakalan tersebut kedalam kandang umbaran yang berukuran luas, biarkan Kacer Bakalan tersebut berada didalam kandang umbaran seterusnya siang dan malam, tapi syaratnya Kacer tersebut harus dilatih ngevoer dulu agar tidak kelaparan ketika Ekstra fooding (EF)nya habis.

Kondisikan suasana disekitar kandang umbaran agar senyaman mungkin untuk Kacer dan terbebas dari segala gangguan seperti serangan kucing dan tikus. Tempatkan kandang umbaran ditempat yang teduh dan banyak pepohonan disekitarnya, akan lebih baik lagi jika ada suara gemercik air disekitar kandang umbaran tersebut.

Biarkan Kacer berada dikandang umbaran siang dan malam. Sediakan semua keperluannya seperti Voer, Air minum, Bak mandi, dan Ekstra fooding (EF) seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong (UH) dalam jumlah yang cukup banyak. Biarkan Kacer makan sepuasnya untuk memulihkan kondisi fisiknya.

Setelah satu minggu full berada didalam kandang umbaran, cobalah pancing dengan suara Mp3 Kacer hutan dari kejauhan agar Kacer bahan/bakalan tersebut tidak melihat kita.

Jika Kacer bahan/bakalan tersebut sudah mulai nyaman dengan suasana barunya pasti akan langsung berkicau menyahuti suara Mp3 yang kita putarkan, bahkan jika Kacer bahan/bakalan tersebut bermental bagus kadang-kadang malah langsung ngobra dan buka ekor ketika mendengar suara Mp3 Kacer yang kita putarkan. Hal itu karena Kacer bahan/bakalan tersebut mengira kalau ada musuh yang mendekati wilayah teritorialnya.

Setelah mau buka suara untuk yang pertama kalinya, pada hari-hari berikutnya Kacer bahan/bakakan tersebut akan lebih rajin bunyi selama masih terus berada didalam kandang umbaran.

Kelemahan dari cara ini, Kacer bahan/bakalan tersebut akan tetap giras meskipun sudah dipelihara cukup lama didalam kandang umbaran. Dan ketika dipindahkan kedalam kandang harian, maka Kacer tersebut akan tetap glabrakan seperti Kacer yang baru ditangkap dari hutan dan tidak mau bunyi lagi.

Baca juga:

Cara mengatasi Kacer macet bunyi karena kalah mental

Penyebab kanibal pada Kacer dan cara mengatasinya

Ciri-ciri yang membedakan Kacer trotolan jantan dan betina

Demikian sedikit informasi tentang cara membuat Kacer bahan/bakalan muda hutan (MH) langsung bunyi. Untuk informasi lain seputar Kacer, dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer Poci

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan panduan dan inspirasi Kicau Mania - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger