Perawatan khusus untuk cucak ijo nyulam bulu

Cucak ijo (CI) sangat jarang mengalami mabung total, rata-rata cucak ijo hanya mengalami nyulam bulu atau ganti bulu secara bergantian. Tapi kalau cucak ijo mengalami nyulam bulu dengan jumlah bulu yang rontok cukup banyak, maka perlu dilakukan perawatan khusus mabung.

Kita sebagai pemilik, harus memberikan perawatan ekstra pada saat cucak ijo nyulam, karena bulu-bulu yang rontok dan digantikan selama masa mabung/nyulam ini menyerap sebagian besar dari kandungan protein dalam tubuh cucak ijo. Inilah kenapa selama masa mabung/nyulam perlu diberikan asupan protein yang lebih banyak dari biasanya.

Karena itu, pada masa mabung/nyulam, burung harus diberikan pakan berprotein tinggi dengan porsi yang lebih banyak, agar bisa diserap dan disimpan sebagai protein khusus untuk pertumbuhan bulu-bulu baru. Proses ini sangat penting bagi burung yang harus bekerja ekstra untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pembentukan bulu-bulu baru dengan sempurna.

Perawatan harian cucak ijo pada saat mabung/nyulam bulu:

• Tempatkan cucak ijo di tempat yang tenang, jauh dari aktifitas manusia dan gangguan-gangguan lain disekitarnya yang berpotensi menghambat proses mabungnya.

• Full kerodong, buka kerodong hanya pada saat memberikan pakan dan minum serta pembersihan kandang.

• Mandikan cucak ijo cukup 1x seminggu saja.

• Penjemuran cukup 15 menit saja setiap hari mulai jam 7 pagi.

• Porsi Extra Fooding (EF) diperbanyak:
- Jangkrik diberikan sekenyangnya setiap pagi dan sore, karena burung membutuhkan lebih banyak asupan protein untuk pembentukan bulu-bulu baru. Sebetulnya secara naluri, cucak ijo lebih tahu akan kebutuhan tubuhnya, pada saat mabung/nyulam, CI bisa menghabiskan 8-10 ekor jangkrik sekali makan, sedangkan pada saat kondisi normal (tidak dalam masa mabung/nyulam) CI akan membatasi sendiri asupan proteinnya dengan hanya mengkonsumsi jangkrik 3-5 ekor saja sekali makan, kerena jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan proteinnya pada kondisi normal (tidak dalam masa mabung/nyulam).
- Ulat hongkong (UH) juga bisa diberikan 5-5 pagi-sore pada saat cucak ijo sedang merontokkan bulu-bulunya. Karena efek panas yang ditimbulkan dari pemberian ulat hongkong (UH) bisa membantu mempercepat rontoknya bulu-bulu cucak ijo.
- Kroto segar diberikan 1 sendok makan setiap hari.

• Berikan buah setiap hari dengan menu bervariasi seperti pisang kepok, pepaya, apel, sawo, dll, agar kebutuhan nutrisi dan vitamin cucak ijo pada saat mabung/nyulam dapat terpenuhi. Perbanyak porsi pemberian buah pepaya untuk membantu metabolisme tubuh cucak ijo.

• Faktor kebersihan juga harus diperhatikan pada saat CI mabung/nyulam bulu.
- Bersihkan kandang setiap hari.
- Bersihkan juga plangkringan serta tempat pakan dan minumnya agar terbebas dari kuman dan bakteri.
- Kerodong dicuci seminggu sekali.

• Lakukan pemasteran, karena pada masa mabung/nyulam, burung lebih banyak diam dan mendengar. Inilah saat yang paling tepat untuk mengisi variasi kicauannya sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran secara tepat agar hasilnya maksimal. Sesuaikan karakter dan type suara cucak ijo (CI) dengan suara burung masteran, atau bisa juga menggunakan mp3 player karena cucak ijo sangat mudah untuk dimaster walaupun hanya dengan menggunakan suara dari mp3 player, cucak ijo mampu merekamnya dengan sangat baik.

Masa pemulihan pasca mabung/nyulam bulu
• Setelah cucak ijo (CI) selesai mabung/nyulamnya, mulailah mandikan CI setiap hari setiap jam 7 pagi. Biarkan CI mandi sendiri sepuasnya didalam cepuk atau keramba.
• Setelah selesai, angin-anginkan cucak ijo sampai bulu-bulunya kering kemudian jemur cukup 15-20 menit saja karena bulu-bulu cucak ijo masih belum kuat untuk menahan panas matahari yang terlalu lama. Durasi penjemuran bisa ditingkatkan setelah 1-2 bulan pasca mabung.
• Porsi pemberian ekstra fooding (EF) mulai dibatasi.
- Biasanya setelah selesai mabung/nyulam, cucak ijo tidak rakus lagi terhadap jangkrik, CI hanya mau mengkonsumsi jangkrik secukupnya saja sekitar 3-5 ekor. Tapi untuk mengantisipasi agar cucak ijo tidak over birahi (OB), sebaiknya kita berikan 3-3 pagi-sore saja.
- Kroto cukup diberikan seminggu 2x saja dengan porsi 1 sendok makan setiap pemberian.
- Stop pemberian ulat hongkong.

• Buah diberikan setiap hari sebagai pakan utama untuk cucak ijo, seperti:
- Pisang kepok putih
- Pepaya
- Apel
- Sawo, dll.
Berikan buah-buahan tersebut secara bervariasi setiap harinya.

Demikian sedikit informasi tentang perawatan khusus untuk cucak ijo nyulam bulu. Untuk informasi lain seputar cucak ijo akan dibahas pada artikel yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih


DOWNLOAD audio cucak ijo alam liar versi_2.mp3

Cucak ijo nyulam bulu

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan panduan dan inspirasi Kicau Mania - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger