Cara Beternak Ciblek dengan Mudah

Cara Ternak Ciblek dengan mudah dalam sangkar harian saat ini mungkin lagi jadi terobosan baru yang digemari oleh para penghobi burung,karena burung ciblek saat ini sudah langka dan akan sulit ditemukan di alam liar, hal itu terjadi karena banyaknya perburuan burung yang mempunyai mental tarung ini,ciblek sendiri merupakan burung yang dicari oleh para kicau mania.

Ciblek merupakan burung kecil namun memiliki suara yang keras dengan ciri khasnya itu burung civblek sangat digemari untuk dijadikan burung master bagi burung ocehan lainnya seperti murai batu,kacer dan masih banyak lagi dengan ngebrennya yang rapat tentunya ciblek sangatlah diperlukan bagi penghobi burung ocehan.

Ssehubungan dengan susahnya mendapatkan ciblek kita patut melakukan terobosan dengan cara melwkukan penangkaran burung ciblek dirumah,hal ini dilakukan untuk menjaga populasi burung kecil mungil namun memiliki mental tarung ini,nah untuk itu disini kami akan berikan Tips Cara beternak Ciblek dirumah dengan menggunakan sangkat harian :


Berikut cara beternak ciblek yang mudah yang dapat kami berikan untuk anda

Memilih indukan yang tepat
Pilihlah indukan burung ciblek yang sudah jinak ataupun jinak lalat, ini dimaksudkan agar ciblek mudah dikawinkan, karena ciblek yang jinak dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan aktifitas manusia disekitarnya. Jangan mengawinkan ciblek yang liar karena berpotensi kegagalan perkawinan, mengingat sifat ciblek yang liar seperti diungkapkan tadi. Indukan burung jantan sebaiknya berumur 1,5 tahun dan betina 1

Proses penjodohan ciblek
Karena sifat agresif dan menyerang burung ciblek, maka pisahkan kedua burung tersebut dalam sangkar yang ditempatkan berdekatan sampai keduanya mulai bisa beradaptasi satu dengan lainnya, bila telah beradaptasi biasanya ditandai keduanya saling bersiul saling membalas bersahutan dan sering terlihat tidur/beristirahat saling berdekatan walau terpisah kandangnya.
Bila sudah benar-benar keduanya terlihat akur, ciblek jantan sudah saatnya dimasukkan kedalam sangkar yang betina. Berikan pakan yang mengundang birahi selama proses perkawinannya seperti jangkrik dan kroto, atau gunakan BirdMature yang cukup efektif untuk menjaga birahi ciblek pada level optimal, dan juga meningkatkan kesuburan serta kesehatan anak ciblek hasil perkawinannya.

Kandang penangkaran ciblek
Kandang merupakan objek yang harus diperhatikan pula dalam penangkaran ciblek, kandang bisa menggunakan model aviary yaitu dibuat seperti habitat aslinya dengan memasukkan tanaman rambat pada kandangnya
Proses Penangkaran
Setelah proses perkawinan sukses, sebaiknya jangan terlalu sering mengganti pakan, karena akan mengganggu proses pengeraman oleh induk ciblek hingga dapat menyebabkan induk betina menjadi stres dan tidak mau bahkan membuang telurnya. Induk ciblek biasanya bertelur 3 sampa 5 butir dalam sekali perkawinan dan mengerami telurnya selama 12 hari, dan bila sudah menetas, biarkan induknya merawat anaknya selama 10 hari atau 2 minggu sampai anaknya mandiri sebelum dipsahkan kandangnya. Jangan lupa pemberian kroto dan jangkri untuk ditingkatkan.

Demikian info mengenai tips cara penangkaran burung ciblek yang dapat kami berikan semoga bermanfaat untuk anda para kicau mania.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan panduan dan inspirasi Kicau Mania - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger