Pemasteran Cucak ijo lomba dan Cucak ijo rumahan

Pemasteran adalah suatu cara untuk mengajarkan burung agar bisa menirukan suara burung lain atau suara-suara lain yang menjadi masterannya.

Sukses atau tidaknya pemasteran, tergantung dari tingkat kecerdasan burung yang kita master dan juga tehnik pemasteran yang kita lakukan.

Tingkat kecerdasan burung sangat menentukan sukses dan tidaknya pemasteran yang kita lakukan. Karena ada tipe burung yang bisa dengan cepat menirukan suara masterannya dan ada juga yang membutuhkan waktu lama, bahkan ada yang sama sekali tidak bisa menyerap materi yang kita ajarkan.

Penyebab kegagalan dalam pemasteran Cucak ijo bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

• Tingkat kecerdasan Cucak ijo yang memang rendah.

• Banyaknya faktor gangguan disekitar Cucak ijo yang sedang dimaster, seperti suara-suara gaduh atau aktifitas yang sering membuat Cucak ijo kaget sehingga membuat burung tidak konsentrasi dalam mempelajari suara masterannya.

• Karakter suara masteran tidak cocok dengan karakter suara Cucak ijo yang dimaster, misalnya saja burung yang dimaster memiliki karakter suara nembak tapi dimaster dengan suara-suara tipe ngeroll, maka burung tersebut akan kesulitan untuk menirukan suara masteran tersebut.

• Faktor umur, biasanya Cucak ijo yang sudah tua, daya ingatnya sudah lemah. Kemampuannya untuk merekam suara-suara masteran tidak sebaik Cucak ijo yang masih berusia muda. Cucak ijo yang sudah tua juga sudah memiliki suara isian yang permanen, jadi untuk menangkap dan mempelajari suara-suara baru biasanya agak susah.

Pemasteran memang cukup penting untuk dilakukan, apalagi kalau kita merawat Cucak ijo tersebut untuk tujuan lomba. Tujuannya agar Cucak ijo tersebut memiliki variasi kicauan yang bagus, tentu akan membosankan kalau kita memilki Cucak ijo yang bunyinya itu-itu saja (monoton) dan tentunya tidak akan dilirik juri pada saat mengikuti lomba burung kicau, karena materinya tidak menonjol.

Ada 2 macam pemasteran untuk Cucak ijo, yaitu:

1. Untuk tujuan lomba

Pemasteran Cucak ijo untuk tujuan lomba mutlak harus mengikuti suara isian yang sedang trend dan masuk dalam kriteria penilaian lomba burung kicau saat ini, agar peluang Cucak ijo menjadi juara lebih besar.

Suara masteran yang tepat untuk Cucak ijo lomba bisa dilihat disini:

Kumpulan suara masteran untuk burung lomba dalam format Mp3

Untuk memaster Cucak ijo agar lebih efektif sebaiknya menggunakan burung asli, karena suara dari burung asli lebih mudah diserap dari pada menggunakan suara Mp3 player karena lebih alami.

Suara burung asli bisa didengar sepanjang hari dengan jeda yang alami dan tidak berpotensi menyebabkan Cucak ijo menjadi down asal dengan penempatan yang tepat.

Tempatkan burung-burung masteran agak jauh dari Cucak ijo yang dimaster, tapi tetap posisikan agar suara dari burung-burung masteran tersebut masih bisa terdengar dengan jelas oleh Cucak ijo yang dimaster.

Demikian juga kalau kita memaster Cucak ijo dengan menggunakan Mp3 player, atur volumenya jangan terlalu keras tapi intonasinya harus tetap terdengar jelas oleh Cucak ijo yang dimaster.

Cucak ijo tergolong burung yang sangat cerdas untuk menirukan suara-suara burung lain, jadi walaupun dimaster menggunakan suara Mp3 player, Cucak ijo mampu menirukannya dengan sangat baik asal suara yang dimaaterkan cocok dengan karakter suara Cucak ijo tersebut.

Tapi sebaiknya kalau kita menggunakan Mp3 player, atur agar suaranya memiliki jeda agar terdengar alami oleh Cucak ijo. Karena suara Mp3 yang terus berulang-ulang tanpa jeda, bisa menyebabkan Cucak ijo menjadi down.

2. Untuk klangenan dirumah

Kalau tujuan kita memelihara Cucak ijo hanya untuk klangenan dirumah saja, sebaiknya jangan dimaster dengan suara-suara tembakan atau besetan karena tidak enak untuk didengarkan dirumah, Cucak ijo rumahan sebaiknya dimaster dengan suara-suara asli burung hutan yang mengalun merdu agar enak didengarkan.

Suara masteran yang tepat untuk Cucak ijo rumahan bisa dilihat disini:

Kumpulan audio Cucak ijo dalam format Mp3

Pemasteran yang paling efektif adalah pada saat Cucak ijo dalam masa mabung dan dalam posisi full kerodong. karena burung akan lebih banyak diam dan mendengar.

Tapi bukan berarti pada saat kondisi normal (tidak mabung) burung tidak bisa dimaster, gandeng saja Cucak ijo setiap hari dengan burung-burung masteran agar lebih sempurna dan fasih melantunkan materi isiannya.

Untuk memaster Cucak ijo, tidak perlu mengikuti aturan-aturan tertentu yang harus begini atau harus begitu, cukup gandeng saja Cucak ijo setiap hari dengan burung-burung masteran yang gacor, atur jaraknya jangan terlalu dekat, cukup agar suaranya masih bisa terdengar dengan jelas oleh Cucak ijo yang dimaster.

Demikian sedikit informasi tentang pemasteran Cucak ijo lomba dan Cucak ijo rumahan. Untuk informasi lain seputar Cucak ijo dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung-burung masteran untuk Cucak ijo lomba

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kumpulan panduan dan inspirasi Kicau Mania - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger